Yuk Ah, Tahun Depan Lebih Baik!

Ngga terasa ya, pergantian tahun terjadi begitu cepat. Rasanya baru saja beberapa waktu lalu beralih dari 2014 ke 2015, eh sekarang sudah mau ganti  ke 2016. Banyakloh  di antara kita yang membuat rencana matang untuk merayakan pergantian tahun. Ingin liburan ke sana, liburan ke situ. Mau pesta ini pesta itu. Itu saja.

Boleh-boleh aja sih sebenarnya. Tapi, akan lebih baik kalau kita juga berkontemplasi tentang waktu setahun yang telah terlalui. Dan, tentu saja membuat rencana-rencana apa yang akan kita capai di tahun depan.

Berikut ini hal-hal yang bisa kita lakukan biar tahun depan tidak berlalu begitu aja tanpa capaian yang berarti:

  1. Coba kita telusuri selama tahun kemarin, apa yang udah kita capai dan apa yang belum? Apa prestasi kita dan apa kesalahan atau kekurangan kita? Nah, lalu kita tekadkan bahwa tahun depan kita harus bisa mempertahankan yang baik-baik dan jangan sampai deh mengulangi yang buruk-buruk.
  2. Coba buat impian besarmu apa di masa depan. Impian besar ini gak harus dicapai dalam satu tahun. tapi tetap, harus kamu rencanakan kapan kira-kira bisa terealisasi, 3 tahun, 4 tahun, atau mungkin 5 tahun. (jangan kelamaan juga ya, ntar ngambang).
  3. Buatlah step to step hal-hal apa yang musti kamu kerjakan untuk mencapai impian besarmu tadi. Nah, ini harus dibuat dalam rentang waktu yang lebih spesifik, tahun ini, berapa bulan,  bulan apa?
  4. Rencana yang kita buat ini, jangan cuma absurd di otak. Tuliskan! Kita bisa menulisnya di buku, gadget, atau kalau perlu buat tulisan di kertas sebesar poster dan tempel di dinding kamar kita. Biar kelihatan sebelum kita bobo dan pas bangun pagi. Biar inget….
  5. Jangan lupa, sertai ikhtiar kita dengan doa. Supaya segala rintangan dapat kita lalui dengan semangat dan keikhlasan. Ikhtiar doang tanpa doa: ntar kita stress, sebaliknya doa terus tanpa ikhtiar: yee mimpi kali yeee….

Semoga tahun depan lebih baik dari tahun sekarang. Selamat menyambut 2016 Sobat :)