Tulisanmu miring kemana, Sob?

Hai Sobat, saat ini gadget-gadget canggih selalu menemani kita di mana pun kita berada (bahkan ada yang bawa gadget ke kamar kecil loh hohoh), membuat kita mudah untuk berkomunikasi dan menulis tanpa membawa kertas dan pena. Meski begitu, kamu harus tetap memperhatikan tulisan tangannmu, karena ia bisa mencerminkan bagaimana kepribadianmu. Tulisan tangan ini bahkan punya ilmunya sendiri, namanya grafologi.

Grafologi adalah ilmu yang yang digunakan untuk mengetahui karakter serta kepribadian seseorang melalui tulisan atau coretan tangan yang ditorehkan pada kertas maupun media lain. Menurut beberapa ahli, akurasi ketepatan grafologi terhadap kondisi riil psikologis seseorang memang mendekati kesempurnaan. Paling tidak terdapat 80% hingga 90% kesesuaian antara kepribadian maupun kondisi kejiwaan seseorang dengan tulisan tangan mereka sendiri. Waaaaw…

Ada banyak hal yang dianalisis dari tulisan tangan: ketebalan, kemiringan, tekanan, ukuran, penarikan garis, jarak antar kata, jarak antar huruf, ekor tulisan, dan lain-lain. Selama ini, analisis dilakukan oleh psikolog atau ahli yang mendapatkan sertifikasi. Namun demikian, kamu juga bisa loh mempelajarinya sendiri karena saat ini banyak sekali buku-buku tentang handwriting analysis yang sudah diterbitkan.

Nah, dalam kesempatan ini, Sobatmu akan menjelaskan sedikit makna yang terkandung dalam tulisan kamu, dilihat dari kemiringannya.

1. Tulisan miring ke kanan
Kalau tulisan kamu  miring ke kanan, berarti kamu punya kepedulian pada lingkungan sekitar, gak bisa nyembunyiin ekspresi wajah kalau sedih atau senang, dan mudah mengungkapkan ide-ide. Kamu senang memikirkan masa depan. Kamu juga mudah terbawa perasaan, misalnya nangis kalau nonton film korea atau film India, heu heu.

Akan tetapi, kalau kemiringan tulisannya ekstrem banget, sampe kayak pohon kelapa tumbang, berarti  menunjukkan bahwa kamu cenderung dramatis, cemburuan, dan posesif.

2. Kemiringan Tulisan ke Kiri
Kalau tulisan  kamu miring ke kiri, ini menunjukkan kalau kamu cukup menjaga jarak dengan orang lain. Kamu hanya ingin berbagi pikiran serta perasaannya kepada orang-orang yang membuatnya nyaman atau orang yang udah kamu kenal banget. Kemiringan tulisan ke kiri juga menunjukkan bahwa kamu mandiri, tapi mudah cemas, dan  cenderung mudah tertekan.

Kalau kemiringannya terlalu ekstrem ke kiri berarti kamu lebih suka menyendiri dan susah melupakan kejadian-kejadian yang sudah berlalu. Biasanya kamu terlihat tampak egois, keras kepala, dan kurang detail di mata teman-teman kamu.

3. Tulisan Tegak 
Kalau tulisan kamu tegak atau lurus berarti kamu bisa mengendalikan emosinya. Kamu merupakan sosok yang rasional, mengutamakan logika daripada perasaan, dan mampu mengambil keputusan dengan baik. Kamu juga lebih terbuka, mandiri, serta logis.

4. Campur-campur
Naaaah, gimana kalau tulisan kamu campur-campur, ada yang miring ke kiri, tegak, dan ada yang miring ke kanan. berarti kamu termasuk tipe orang yang sulit ditebak atau moody. Emosimu bisa terkendali tapi kadang juga nggak bisa terkontrol.  Kamu juga mungkin sering bingung, sulit membuat keputusan, kurang pertimbangan, dan sulit buat disiplin.

Oke, sekian dulu ya. Nanti Kakak sambung lagi dengan komponen tulisan yang lain, juga bagaimana pengubahan tulisan demi menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Sumber:

Dari berbagai sumber dan pengalaman kakak-kakak konsultan mencermati jenis tulisan mahasiswa.

kutipan: I Fikri, 2013, Menggagas Grafologi Islam; Studi Tentang Konsep Pengembangan Kepribadian degan Pendekatan Tulisan Tangan.